ary-kencana-dek-ulikJANUADI RECORD – Dua penyanyi pop Bali, Dek Ulik dan Ary Kencana, masih memiliki banyak penggemar setia. Tiap kali keduanya mengeluarkan lagu baru, selalu mendapat sambutan bagus. Wajar karenanya, baik Dek Ulik maupun Ary Kencana masih menjadi andalan Januadi Record, label yang menaungi keduanya.

“Ya kalau dari rekaman Dek Ulik dan Ary Kencana, kami masih bida mendapatkan untung, walau tidak banyak,” ujar Tut Asmara, produser Januadi Record, kepada mybalimusic.com.

Karena itu pula, tiap tahun selalu saja ada karya baru dari keduanya yang diperkenalkan ke masyarakat, walau mungkin terangkum dalam satu album keroyokan, dan itu pun langsung beredar dalam format VCD. Kondisi ini tentu jauh berbeda ketika beberapa tahun lalu, rekaman dalam format pita kaset masih banyak digemari, di mana penyanyi pendatang baru pun masih bisa diandalkan untuk meraup untung.

Menyiasati kondisi itulah, Januadi Record tidak mau ngotot merilis album baru dalam bentuk pita kaset lagi, tetapi memilih langsung rekaman VCD atau setidaknya format CD audio. Meskipun penjualan rekaman lagu pop Bali jauh menurun, dan banyak produser yang memilih menghentikan produksi, Januadi Record mencoba untuk selalu menghadirkan karya baru. Di tahun 2014 ini saja, setidaknya ada lima rekaman yang diproduksi di sini. Tiga di antaranya sudah dilepas ke pasaran, “Pekidih” (CD audio), dan dua VCD, “Sing Dadi Baang Godoh” dan “Belajar Metembang Bersama D Ulik”. Dua album lagi, VCD “Semakin Kaya Makin Nakal”, dan album Ary Kencana duet bersama sang istri yang berjudul “GR atau Gede Rasa” direncanakan beredar September nanti.

Apa yang membuat Tut Asmara masih semangat mengeluarkan produksi rekaman baru, walau hasil penjualan jauh menurun, sulit mendapat untung, bahkan tak tertutup kemungkinan malah merugi?

“Yang jelas saya tidak mau Januadi Record yang sudah dirintis dan dibangun dengan bersusah payah menjadi hilang. Kayaknya kalau Januadi tidak berproduksi, lagu pop Bali akan tambah sepi lagi, dan saya tak ingin itu terjadi,” kilah Tut Asmara, yang juga menyanyi termasuk bersama Ary Kencana dan Jaya Pangus untuk Trio Januadi.

Sumber: mybalimusic.com